• Buku Panduan Kerjasama
  • Buku Panduan Kerjasama

Tiga Dosen FPIP UMSIDA Paparkan Peningkatan Pendidikan Usia Dini & Metode Big Book dalam Visiting Lecture di Universiti Malaya Malaysia

Dalam rangka memperkuat kerjasama FPIP UMSIDA dengan Universiti Malaysia serta memberikan sumbangsi dalam kualitas pengajaran pada pendidikan usia dini, dua dosen FPIP UMSIDA yakni Fitria Wulandari, M.Pd dan Dr. Eko Hardi Ansyah, M.Psi berkesempatan melakukan visiting lecture di Universiti Malaya Malaysia.

Mengusung topik “STEM in Early Childhood to Improve Student Creativity”, Fitria Wulandari, M.Pd menyajikan upaya peningkatan kreativitas anak usia dini dengan metode STEM yakni akronim dari science, technology, engineering and mathemetic. Pada usia dini, penggunaan stimulus metode STEM dinilai tepat. Perkuliahan ini diikuti oleh 48 mahasiswa yang berasal dari undergraduated bachelor of early childhood di Universiti Malaya.

Sementara Dr. Eko Hardi Ansyah, M.Psi memaparkan kajian relasi guru siswa yang telah terpublikasikan sebelumnya dianggap memiliki perngaruh positif terhadap peningkatan prestasi siswa, adaptasi siswa dan efikasi serta motivasi siswa.

Disamping itu, menurut Dr. Eko Hardi Ansyah, M.Psi dalam temuannya di beberapa studi kasus menunjukkan adalnya kendala dalam relasi guru siswa yakni sebanyak 26 persen mengindikasikan hubungan guru siswa yang rendah.

Visiting lecture oleh Dr. Eko Hardi Ansyah, M.Psi ini diikuti oleh mahasiswa Universiti Malaya yang hampir seluruhnya merupakan mahasiswa berkebangsaan China yang berkuliah di Malaysia.

Tidak hanya membahas pentingnya peningkatan kualitas pendidikan usia dini, Dosen Umsida Sheila Agustina, SS, M.Pd juga memparkan Metode Big Book kepada puluhan mahasiswa Universiti Malaya, Malaysia. Ia menyampaikan jika di observasi awal yang dilakukan kepada mahasiswa Universiti Malaya, hampir seluruh mahasiswa belum mengenal metode ini. Menurut penuturan dosen FPIP ini, metode big book merupakan inovasi dari media pembelajaran yang berisikan elemen visual yang membantu para peserta didik khususnya anak-anak dalam rangka mengakuisisi bahasa secara alamiah, menciptakan komunikasi yang efektif serta mendorong keterlibatan peserta didik secara aktif falam pembelajaran.

Para mahasiswa Universiti Malaya terlihat sangat antusias dalam pemaparan ini, mereka pun mencatat setiap detail dari penjelasan yang disampaikan oleh dosen FPIP ini. Tidak hanya sekadar pemaparan materi secara teoritis, para mahasiswa dikelas juga dilibatkan dalam sesi praktik secara langsung di depan kelas. Para mahasiswa diharapkan memperkaya metode pembelajaran, melalui kolaborasi kelompok dalam menciptakan big book yang inovatif sehingga tercipta cara kreatif untuk menerapkan konsep dalam pembelajaran yang efektif.

Setelah dibimbing untuk berkelompok membuat big book, para mahasiswa diminta mempresentasikan hasil belajar kelompok mereka di depan kelas yakni pemaparan bagaimana cara penerapan metode ini kepada para siswa siswi. Tidak hanya itu, usai presentasi mereka menjalani sesi refleksi. Sesi ini menjadi wadah bagi mahasiswa untuk berbagi pengalaman dan pemikiran mereka. Visiting lecturer ini pun ditutup dengan kesan yang disampaikan oleh mahasiswa Universiti Malaya, Malaysia terkait topik ini. “Kami merasa senang dan terlibat dalam pembelajaran berkelompok. Penggunaan big books tidak hanya membuat siswa kita senang, tetapi juga membantu kami untuk bermanfaat bagi siswa untuk menambah wawasan terhadap bahasa Inggris.”

Penulis: FPIP UMSIDA

Penyunting: LKUI UMSIDA

Related Posts

Mahasiswa FPIP UMSIDA Berkesempatan untuk Student Mobility di Luar Negeri

Mahasiswa FPIP UMSIDA berhasil mendapatkan kesempatan untuk melakukan kunjungan (student...

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMSIDA berkontribusi dalam International Community Service di Malaysia

Pelaksanaan International Community Service yang dijalankan oleh empat mahasiswa Prodi...

Berita Terkini

Mahasiswa FPIP UMSIDA Berkesempatan untuk Student Mobility di Luar Negeri
May 13, 2024
FPIP UMSIDA dalam Program International Visit ke Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) Malaysia
May 13, 2024
Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMSIDA berkontribusi dalam International Community Service di Malaysia
May 8, 2024
Benchmarking Universitas Pelita Bangsa Terkait Pengeloaan Internasionalisasi Universitas
January 31, 2024
The Students of Ban Erawan School trained Cardiopulmonary Resuscitation (CPR) in Science Week Event
August 29, 2023

Agenda

There're no item that match your search criteria. Please try again with different keywords.

Penerimaan Mahasiswa Baru

Gedung B Kampus 1

Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271

Whatsapp : 0877-5222-8200
Telepon      : 081-1309-1000

  • Senin – Jum’at (07.15 – 20.00 WIB)
  • Sabtu (07.15 – 17.00 WIB)

Media Sosial

Penerimaan Mahasiswa Baru