Wokshop Kerjasama Internasional UMSIDA, Pelatihan Kerjasama Menuju Pemutakhiran Program Internasionalisasi Universitas

Lembaga Kerjasama dan Urusan Internasional menyelenggarakan Workshop Kerjasama Internasional melalui virtual meeting, rabu (26/1)

Ketua KUI Umsida Wahyu Taufik M.Ed, mengatakan bahwa tujuan diadakannya workshop ini adalah meningkatkan kemampuan Umsida dalam menjalin kerjasama baik dalam negeri maupun luar negeri.

“Kerjasama merupakan  suatu hal yang harus kita lakukan baik di institusi dalam negeri maupun luar negeri,” ujarnya.

Workshop di buka langsung oleh Rektor Umsida Dr. Hidayatulloh M.Si., ia menegaskan bahwa kerjasama sangatlah penting bagi sebuah perguruan tinggi, dan Umsida siap untuk menjalin kerjasama internasional. “Kegiatan ini sangatlah penting, sebagai  salah satu upaya kita untuk memenuhi persyaratan dalam akreditasi, apalagi tuntutan akan akreditasi internasional sebuah perguruan tinggi,” ungkapnya. Acara ini menghadirkan pembicara yaitu Yordan Gunawan, S.H. M.B.A. M.H. dengan dihadiri oleh Rektor, Wakil Rektor, Dekan Fakultas, Wakil dekan, Kaprodi, Sekretaris Prodi, dan kepala Unit kerja di lingkungan Umsida.

Narasumber Yordan Gunawan menuturkan bahwa perlu adanya monitoring untuk kerjasama dalam negeri maupun luar negeri. Kemudian, dalam kerjasama dengan internasional, harus jelas attentionnya kepada siapa, sehingga ketika akreditasi nanti jelas arahnya kerjasamanya dengan fakultas apa.

Sementara itu  Isna Fitria Agustina MSi Kepala Umsida menyampaikan bahwa acara ini bertujuan untuk meningkatkan penataan tata kelola kelembagaan di Direktorat Kerjasama. Selain itu juga sebagai sarana untuk sharing knowledge dengan perguruan tinggi lain dalam menjalin kerja sama internasional.

“Dengan adanya workshop ini dapat belajar dari perguruan tinggi lain yang sudah tertata kelembagaannya, mempelajari sistemnya dan dapat mengembangkan Direkorat Kerjasama agar bisa mendatangkan mahasiswa asing ke Umsida atau student exchange dan juga mobiliti staffnya,” terangnya.

Related Posts

Leave a Reply