• Buku Panduan Kerjasama
  • Buku Panduan Kerjasama

FPIP UMSIDA dalam Program International Visit ke Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) Malaysia

Dekan Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP) UMSIDA berserta jajarannya mengunjungi Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL). Dekan, Wakil Dekan dan Kemahasiswaan FPIP membahas kesepahaman terkait prosedur kegiatan mengajar dan durasi untuk mengajar di siswa-siswi yang berada di sekolah ini.

SIKL merupakan sekolah dalam naungan Kedutaan Besar RI (KBRI) untuk Kuala Lumpur, sekolah yang memiliki jenjang pendidikan mulai dari pendidikan usia dini ini berisikan siswa-siswi yang merupakan anak dari imigran asli Indonesia yang saat ini tengah bekerja di Kuala Lumpur Malaysia.

Kunjungan internasional ini diinisiasi dalam rangka tindak lanjut kerjasama antara UMSIDA dan SIKL yang telah dibuat ditahun sebelumnya. Kerjasama tersebut salah satunya menyebut mahasiswa UMSIDA memperoleh kesempatan untuk melaksanakan KKN Internasional dibawah naungan Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) UMSIDA.

Disamping itu, kerjasama kedua belah pihak memungkinkan 6 (enam) program studi FPIP untuk melaksanakan program magang dan praktik mengajar di luar negeri, hal ini tentu memberikan pengalaman dan wawasan berharga bagi para mahasiswa FPIP UMSIDA.

Diharapkan kedepan FPIP UMSIDA mampu memberikan konsep baru terhadap program magang atau Praktik Mengajar di luar negeri. Konsep ini bertujuan dapat memberikan solusi yang baik sehingga mampu mempermudah dan membahagiakan untuk seluruh pihak terkait baik mahasiswa, dosen maupun mitra Kerjasama sehingga terwujud sinergitas dan kolaborasi yang lebih luas.

Kerjasama ini tentu membentuk dan kolaborasi mutualisme antara kedua belah pihak. Mahasiswa UMSIDA tidak hanya memperoleh experinces yakni mengeksplorasi budaya yang ada di Malaysia namun juga bertambahnya wawasan dan pengetahuan secara langsung dalam praktik mengajar di sekolah yang berbeda dengan di negara asalnya.

Penulis: FPIP UMSIDA

Penyunting: LKUI UMSIDA

Related Posts