• Buku Panduan Kerjasama
  • Buku Panduan Kerjasama

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMSIDA berkontribusi dalam International Community Service di Malaysia

Pelaksanaan International Community Service yang dijalankan oleh empat mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo telah berlangsung pada 16 April 2024. Bertempat di Sanggar Bimbingan (SB) Muhammadiyah Kepong Baru Malaysia, keempat mahasiswa Ilmu Komunikasi turut berkontribusi dalam memberdayakan siswa-siswi dengan memberikan materi terkait komunikasi dan penggunaan sosial media di era digitalisasi.

Sanggar Bimbingan (SB) Muhammadiyah Kepong Baru Malaysia sendiri merupakan sanggar Pendidikan dalam naungan Pimpinan Cabang Istimewa (PCIM) Muhammadiyah yang telah bekerjasama dengan KBRI Malaysia, sanggar yang berlokasi di Kepong, Kuala Lumpur ini diperuntukkan bagi anak-anak pekerja migran asal Indonesia yang saat ini berada di Malaysia.

Program International Community Service tidak lain merupakan hasil dari Kerjasama internasional yang digagas oleh Prodi Ilmu Komunikasi UMSIDA dengan Sanggar Bimbingan (SB) Muhammadiyah Kepong Baru Malaysia. Pengabdian Masyarakat ini diikuti oleh Fernanda Aurelio, Delia Putri, Anisa Sahara dan Zara Aprilia yang tengah studi di semester 8 Ilmu Komunikasi UMSIDA.

Bentuk pengabdian masyarakat yang diberikan terkait dengan komunikasi di era modern serta penggunaan sosial media. Para mahasiswa Ilmu Komunikasi UMSIDA telah merancang materi yang ditujukan kepada siswa-siswi di Sanggar Bimbingan (SB) Muhammadiyah Kepong Baru Malaysia agar mudah diterima dan menarik untuk dipelajari. Disamping itu, para mahasiswa Ilmu Komunikasi UMSIDA memberikan pelatihan untuk siswa-siswi sehingga mereka dapat mempraktikkan materi yang diberikan secara langsung. Metode praktek yang diberikan kepada siswa-sisiwi diantaranya ialah materi yang berkaitan dengan desain grafis, fotografi dan public speaking.

Proses penyampaian materi dan praktik yang diberikan oleh mahasiswa dilakukan dengan membentuk kelompok belajar berdasarkan tingkatan yakni kelompok siswa tingkat PAUD, kelompok siswa kelas 1-3 dan kelompok siswa kelas 4-6. Adanya klasifikasi kelompok belajar ini guna agar mudah mentransferkan materi yang disampaikan sehingga dapat diterima dengan baik oleh masing-masing anggota kelompok belajar.

Digagasnya program pengabdian masyarakat ini tidak lain untuk mengedukasi siswa-siswi agar memahami dan siap menerima transformasi teknologi yang begitu cepat dan canggih. Disamping itu, pembelajaran dengan metode praktikum juga mampu membekali wawasan dan pengetahuan yang berkaitan dengan komunikasi visual serta dapat percaya diri untuk dapat berkomunikasi di depan publik.

Pembelajaran yang menyenangkan tampak terlihat oleh siswa siswi dimana mereka antusias saat diminta praktik secara langsung. Berikut berupa karya yang telah dikerjakan oleh siswa-siswi yang juga didampingi oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi UMSIDA:

Dalam pernyataan Fernanda, salah satu mahasiswa Ilmu Komunikasi UMSIDA menyampaikan, ” mereka (siswa-siswi) menerima kami dengan sangat baik bahkan mereka tampak antusias dengan materi yang kami buat. Sebenarnya kami ingin lebih lama di sini (SB Muhammadiyah Kepong Baru) namun kami memiliki keterbatasan waktu untuk berada disini”.

Program International Community Service antara Prodi Ilmu Komunikasi dan Sanggar Bimbingan (SB) Kepong Baru Malaysia ini berakhir pada 13 Mei 2024. Melalui program ini, diharapkan adanya keberlanjutan kerjasama dimasa mendatang sehingga tercapai mutualisme. Serta semakin banyak mahasiswa di UMSIDA untuk turut serta mengabdikan diri dan ilmunya untuk siswa-siswi Sanggar Bimbingan (SB) Kepong Baru Malaysia.

Related Posts

Berita Terkini

A Student from Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Participates in the Wai Khru Day Event at Anuban Chumchon Phukradueng School in Thailand
2024-07-09
Princess Maha Chakri Sirindhorn’s Visit to Ban Loei Wangsai School
2024-06-28
Tiga Dosen FPIP UMSIDA Paparkan Peningkatan Pendidikan Usia Dini & Metode Big Book dalam Visiting Lecture di Universiti Malaya Malaysia
2024-05-13
Mahasiswa FPIP UMSIDA Berkesempatan untuk Student Mobility di Luar Negeri
2024-05-13
FPIP UMSIDA dalam Program International Visit ke Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) Malaysia
2024-05-13

Agenda

There're no item that match your search criteria. Please try again with different keywords.

Penerimaan Mahasiswa Baru

Gedung B Kampus 1

Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271

Whatsapp : 0877-5222-8200
Telepon      : 081-1309-1000

  • Senin – Jum’at (07.15 – 20.00 WIB)
  • Sabtu (07.15 – 17.00 WIB)

Media Sosial

Penerimaan Mahasiswa Baru