• Buku Panduan Kerjasama
  • Buku Panduan Kerjasama

Benchmarking Universitas Pelita Bangsa Terkait Pengeloaan Internasionalisasi Universitas

Internasionalisasi pendidikan tinggi menjadi suatu keniscayaan bagi perguruan tinggi di Indonesia. Indikator penguatan tata kelola internasional sudah mutlak muncul dan terimplementasi sebagai bentuk kinerja universitas. Ketercapaian indikator ini merupakan dasar dalam klasterisasi perguruan tinggi, sebagai indikator kinerja utama yang menjadi landasan transformasi pendidikan tinggi, serta menjadi indikator instrumen akreditasi perguruan tinggi.

Berdasar kebutuhan tersebut pada Hari Selasa 30 Januari 2024 Universitas Pelita Bangsa (UPB) melakukan benchmarking terkait program internasional, khususnya Students Exchange ke Umsida. Inisiasi kegiatan bermula dari keresahan Hatta Fahamsyah selaku Warek II UPB yang menginginkan program internasionalisasi bisa tumbuh dan berkembang baik di UPB. Pelaksanaan kegiatan diikuti oleh Rektor beserta jajarannya, seluruh dekan dan kaprodi, serta seluruh pimpinan diektorat kelembagaan yang ada di UPB.

Nampak peserta sangat tertarik dan antusias menyimak paparan yang disampaikan oleh Isna Fitria Agustina, selaku Kepala Lembaga Kerjasama dan Urusan Internasional Umsida. Berbagai macam program dan kegiatan terkait Students Exchange yang sudah dilakukan oleh prodi dijelaskan dengan detail dan gamblang oleh Isna. Begitu antusiasnya peserta untuk berinteraksi, tidak jarang ditengah-tengah paparan pun terjadi dialog atau tanya jawab terkait materi yang disampaikan saat itu.

Nampak rektor pun menanggapi dengan positif giat ini, “acara benchmarking sangat bagus dan menginspirasi, karena banyak sekali pengalaman Umsida yang bisa kami tindak lanjuti” imbuhnya. Senada dengan rektor, Nanang Tedi selaku Direktur Pengembangan dan Kerjasama menyampaikan pula bahwa kegiatan ini segera ditindak lanjuti dengan pembuatan dokumen Kerjasama baik dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA), sedangkan giat Benchmarking sudah tertuang dalam Implementation of Agreement (IA).

Melalui kegiatan ini, harapan besar UPB terkait program internasional baik dibidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat, khususnya terkait dengan students exchange ( full time ataupun paruh waktu) mampu diimplementasikan dengan optimal. Hasil benchmarking ini akan menjadi modal awal yang sangat baik untuk membuat draft kerjasama saat UPB melakukan lawatan kerjasama ke berbagai universitas di Malaysia awal Februari ini, imbuh Hatta seraya menutup acara.

Penulis: Isna Fitria

Related Posts

Berita Terkini

Tiga Dosen FPIP UMSIDA Paparkan Peningkatan Pendidikan Usia Dini & Metode Big Book dalam Visiting Lecture di Universiti Malaya Malaysia
May 13, 2024
Mahasiswa FPIP UMSIDA Berkesempatan untuk Student Mobility di Luar Negeri
May 13, 2024
FPIP UMSIDA dalam Program International Visit ke Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) Malaysia
May 13, 2024
Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMSIDA berkontribusi dalam International Community Service di Malaysia
May 8, 2024
The Students of Ban Erawan School trained Cardiopulmonary Resuscitation (CPR) in Science Week Event
August 29, 2023

Agenda

There're no item that match your search criteria. Please try again with different keywords.

Penerimaan Mahasiswa Baru

Gedung B Kampus 1

Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271

Whatsapp : 0877-5222-8200
Telepon      : 081-1309-1000

  • Senin – Jum’at (07.15 – 20.00 WIB)
  • Sabtu (07.15 – 17.00 WIB)

Media Sosial

Penerimaan Mahasiswa Baru